Home > Serba Serbi

La Ilaha Illallah al Malikul Haqqul Mubin, Dzikir Mujarab Penarik Rezeki

Dzikir La ilaha illallah al malikul haqqul mubin merupakan dzikir penarik rezeki yang biasanya diamalkan umat Islam selepas Shalat Subuh.
ilustrasi orang berdzikir (Foto: pixabay)
ilustrasi orang berdzikir (Foto: pixabay)

Dzikir adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Berdzikir merupakan salah satu upaya manusia untuk mendekatkan diri pada Allah.

Praktik mengingat dengan selalu memuji Allah baik dengan dilafadzkan atau dalam hati merupakan cara manusia untuk senantiasa mengingat dan mengagungkan Allah.

Salah satu dzikir yang dianjurkan untuk dibaca adalah

لا إلها الله. الملكل حقول مبينا

Bacaan latin: la ilaha illallah al malikul haqqul mubin

Artinya: "Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan yang maha benar dan nyata."

Bacaan la ilaha illallah al malikul haqqul mubin memiliki keutamaan seperti memperlancar rezeki.

Para ulama telah meriwayatkan dalam beberapa hadits bahwa Nabi Muhammad SAW memerintahkan sahabatnya untuk membaca la ilaha illallah al malikul haqqul mubin setiap hari sebanyak 100 kali untuk memperlapang rezeki.

Abu Bakar bin Sayid M Syatho Dimyathi dalam kitabnya, Hasyiyah I'anatut Thalibin ala Fathil Mu'in, sebagaimana dilansir NU Online mengtakan,

وردت عن النبي صلى الله عليه وسلم في أحاديث صحيحة كثيرة، أمر بها بعض أصحابه لتوسعة الرزق، وقال بعض العارفين: وهي مجربة لبسط الرزق الظاهر والباطن، وهي هذه: لا إله إلا الله الملك الحق المبين، كل يوم مئة مرة. سبحان الله وبحمده، سبحان الله العظيم، أستغفر الله، كل يوم مئة مرة. واستحسن كثير من الأشياخ أن تكون بين سنة الصبح والفريضة، فإن فاتت في ذلك فبعد صلاة الصبح وقبل طلوع الشمس، وإن فاتت في ذلك فعند الزوال. فلا ينبغي للعبد أن يخلي يومه عنها.

Artinya: "Tersebut dalam banyak hadits shahih sebuah riwayat di mana Nabi Muhammad SAW memerintahkan sejumlah sahabatnya untuk mengamalkan bacaan ini demi memperlapang rezeki. Sebagian 'arifin mengatakan, amalan ini teruji dalam melapangkan rezeki lahir maupun batin. Bacaan yang dimaksud ialah "la ilaha ilallah. Almalikul haqqul mubin" setiap hari 100 kali. "Subhanallahi wa bihamdih, subhanallahil adzim, astaghfirullahal aszim" setiap hari 100 kali. Banyak guru besar menganggap baik melazimkan bacaan ini saat di antara salat Subuh."

Rezeki yang dimaksud mencakup rezeki lahir maupun batin. Bacaan ini dapat diamalkan oleh siapa pun karena akan mengubah kebiasaan buruk yang dimiliki oleh seseorang menjadi baik. Atas izin Allah SWT, amalan ini akan menambah pahala bagi yang mengamalkannya.

Melansir dari sumber yang sama, kalimat la ilaha illallah almalikul haqqul mubin Muhammadur Rasulullah Ash-shadiqul Wa'dimil Amin merupakan kalimat yang tertera di pintu Ka'bah. Dengan membacanya, seseorang akan mendapatkan pahala yang besar.

× Image