Home > Gaya Hidup

Tetap Bugar Saat Berpuasa, Ini yang Bisa Dilakukan

Menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa sangat penting agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh sampai selesai Ramadhan.
Ilustrasi buka puasa (foto: republika.co.id)
Ilustrasi buka puasa (foto: republika.co.id)

GAYA HIDUP -- Puasa sudah hampir memasuki minggu pertama. Bila di hari-hari awal kondisi tubuh masih prima, biasanya menjelang akhir-akhir kondisi tubuh perlahan-lahan akan menurun. Umumnya hal itu terjadi karena kesalahan pola hidup yang dilakukan saat berpuasa.

Memang ada banyak perubahan pola hidup selama bulan puasa, mulai dari pola tidur, makan, hingga aktivitas sehari-hari. Meski begitu, rutinitas seperti bekerja atau kuliah tetap harus dijalankan. Agar selalu sehat dan fit, berikut beberapa tips puasa sehat yang bisa dilakukan.

1. Penuhi kebutuhan cairan

Salah satu tantangan yang dihadapi saat berpuasa adalah potensi dehidrasi. Maka itu, kebutuhan hidrasi tubuh perlu tetap dipenuhi dengan baik, dengan cara minum air yang cukup saat sahur dan berbuka.

Selain mengonsumsi air putih, mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa dapat mengembalikan hidrasi tubuh yang hilang. Hal ini karena air kelapa memiliki beberapa elektrolit yang baik untuk tubuh, seperti kalium, magnesium, dan natrium. Tak hanya menghidrasi tubuh, kandungan serat dan elektrolit dalam air kelapa dapat membantu mencegah gangguan pencernaan selama berpuasa.

Menurut The Center for Mind-Body Medicine, air kelapa dapat memulihkan dehidrasi lebih cepat dibandingkan air biasa.

Selain itu, makan buah yang mengandung air juga dapat menjadi tips puasa sehat. Hal ini karena buah yang mengandung banyak air baik untuk menjaga hidrasi dan memenuhi kebutuhan zat gizi selama bulan puasa.

Beberapa buah yang mengandung banyak air yaitu semangka, jeruk, pepaya, atau pir.

Selain mengandung air dan serat, buah-buahan ini mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Baca selanjutnya...

× Image