Home > Anime

Hayao Miyazaki Vs Osamu Tezuka, Drama Persaingan 2 Kreator Anime Besar Tahun 1960-an

Perseteruan antara Osamu Tezuka dan Hayao Miyazaki pada tahun 1960-an terutama dipicu oleh perbedaan pendapat dan gaya artistik mereka.

1. Perbedaan Pendapat Artistik

Tezuka dan Miyazaki memiliki pendekatan artistik yang berbeda terhadap karya seni mereka. Tezuka cenderung mengutamakan gaya yang lebih komersial dan mengikuti tren populer untuk mencapai kesuksesan komersial, sedangkan Miyazaki lebih memilih pendekatan yang lebih idealis dan menekankan pada kualitas artistik dan naratif yang mendalam.

2. Pandangan Politik dan Sosial

Tezuka memiliki pandangan yang lebih pragmatis dalam hal industri manga dan anime, sering kali bekerja sama dengan pemerintah dan perusahaan untuk mempromosikan industri ini. Di sisi lain, Miyazaki cenderung lebih kritis terhadap institusi-institusi besar dan kekuatan politik, dan dia mengejar karya yang mempertanyakan norma sosial dan lingkungan.

Tezuka memisahkan diri dari karya awalnya yang ramah anak untuk bergabung dengan gerakan gekiga di Jepang pada tahun 1960-an, yang mirip dengan apa yang dialami komik Amerika pada tahun 1980-an: menambahkan lebih banyak realisme dan cerita yang lebih gelap, dalam pencariannya. penonton dewasa.

Dalam sebuah esai yang diterbitkan di Starting Point , sebuah buku tulisan awalnya, Miyazaki telah menulis tentang bagaimana ia menganggap sinisme dari karya animasi Tezuka yang kemudian tidak menyenangka:

Saya mendapati diri saya muak dengan pesimisme murahan dari karya-karya seperti [Mermaid] atau [The Drop], yang menunjukkan setetes air jatuh ke atas seorang pria kehausan yang terapung di laut. Saya merasa pesimisme ini secara kualitatif berbeda dengan pesimisme yang dulu dimiliki Tezuka, seperti di masa-masa awal [Astro Boy], misalnya — tetapi bisa juga di masa-masa awal saya merasakan tragedi yang hebat dan gemetar kegirangan atas pesimisme murahan Tezuka justru karena saya masih sangat muda. [...]

Saya merasakan hal yang sama dengan Tales of a Street Corner karya Tezuka — film animasi yang seluruh pembuatannya dicurahkan oleh Muschi Pro. Ada adegan dalam film di mana poster balerina dan pemain biola diinjak-injak dan berserakan oleh sepatu bot tentara selama serangan udara dan kemudian terbawa ke dalam api seperti ngengat. Saya ingat ketika saya melihat ini, saya merasa sangat jijik hingga bulu kuduk saya merinding.

3. Persaingan dalam Industri

Persaingan antara Tezuka dan Miyazaki juga dipengaruhi oleh persaingan dalam industri manga dan anime yang sedang berkembang pada waktu itu. Keduanya adalah tokoh besar dalam industri ini dan saling berkompetisi untuk memperoleh pengaruh dan popularitas.

4. Perbedaan dalam Visi Kreatif

Tezuka cenderung melihat manga dan anime sebagai media hiburan populer, sementara Miyazaki memiliki visi yang lebih luas, melihatnya sebagai alat untuk menyampaikan pesan moral dan sosial yang mendalam kepada penontonnya.

Tapi seperti kebanyakan dari kita yang mengidolakan orang pada masa kecil, Miyazaki tidak melupakan kebaikan dalam karya Tezuka. Menurut Blog Ghibli , dia pernah mengatakan kepada surat kabar nasional Jepang Yomiuri Shimbun:

Dunia yang Tezuka tunjukkan kepada kita tidak hanya cerah, tapi sering kali menakutkan, tidak masuk akal, menyakitkan, atau penuh harapan. Modernisme berarti kemakmuran dan konsumsi massal, dan pada saat yang sama ia menciptakan kehancuran. Di sudut Asia, hanya Tezuka yang menemukannya. Dia menyadari absurditas modernisme lebih dalam daripada Disney.

Meskipun mereka memiliki perbedaan pandangan dan perselisihan pada awalnya, kedua tokoh ini akhirnya menghormati dan menghargai kontribusi satu sama lain terhadap industri manga dan anime, dan hubungan mereka menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu.

× Image