RajaBackLink.com

Zaman Kofun, ketika Agama Buddha Belum Masuk ke Jepang

Daisen-Kofun makam Kaisar Nintoku di Osaka, salah satu Mozu kofungun

Zaman Kofun (古墳時代) adalah periode dalam sejarah Jepang yang berlangsung dari sekitar 250 hingga 538 Masehi sebelum masuknya Agama Buddha. Nama "Kofun" sendiri berarti "kuburan kuno," merujuk pada jenis makam besar yagng khas dari periode ini. Kofun adalah makam kaisar atau bangsawan dengan tanah yang dibuat membukit yang menempati lokasi yang berbentuk perpaduan lingkaran dan persegi empat seperti lubang kunci. 

Di Zaman Kofun, Jepang terbagi menjadi beberapa negara-negara militer kuat yang dikuasai oleh klan-klan berpengaruh. 

Dari beberapa negara militer, negara Yamato adalah salah satu negara yang paling dominan. Negara ini berpusat di Provinsi Kawachi dan Provinsi Yamato yang berkuasa dari abad ke-3 sampai abad ke-7. Dari negara ini jugalah asal garis keturunan kaisar Jepang berasal.

Yamato memimpin klan-klan lain dan memiliki kekuasaan yang kuat di Jepang bagian barat. Sistem pemerintahannya mirip seperti Tiongkok dengan sistem administrasi terpusat. Selain itu, strata masyarakatnya juga dibagi berdasarkan profesi.

Calon penguasa yang merasa lebih kuat tanpa ragu-ragu menyingkirkan semua penghalang termasuk membunuh saudara tiri atau saudara kandung. Pada zaman Kofun teknik irigasi untuk pengairan sawah berkembang dengan pesat.

Pada zaman Kofun terjadi berkali-kali perang perebutan kekuasaan yang sengit, berbagai macam cara kotor, tipu muslihat dan strategi digunakan untuk dapat berkuasa.

Di Zaman Asuka, masyarakat Jepang tidak lagi membuat makam berbentuk kofun. Hal ini tidak terlepas dari penyebaran agama Buddha oleh kalangan penguasa. Bahkan Pangeran Shotoku mendedikasikan diri untuk menyebarkan Buddhisme dan budaya Tiongkok. Di Jepang, agama Buddha sendiri sudah masuk sejak tahun 583 melalui Baekje.

Zaman ini dimulai dari tahun 538 sampai 710 Masehi. Di zaman ini, negara Jepang mulai semakin terpusat. Jepang juga sudah memiliki undang-undang, seperti Undang-Undang Taiho dan butir-butir Reformasi Taika.

Zaman Asuka (飛鳥時代, asuka jidai) adalah salah satu zaman dalam pembagian periode sejarah Jepang yang permulaannya bertumpang tindih dengan akhir zaman Kofun, mulai akhir abad ke-6 hingga awal abad ke-8 ketika istana kaisar dan ibu kota berada di Asuka (sekarang Prefektur Nara).

(Damar Pratama Yuwanto/berbagai sumber)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.