RajaBackLink.com

Sempat Viral Tahun 2013, Benarkah Petualangan Doraemon dan Kawan-Kawan Terjadi di Dunia Nyata?

Patung Doraemon dari Dinasti Qing. (Sumber: Merdeka.com).

Pada tahun 2013, muncul berita mengejutkan dari Cina mengenai penemuan patung kuno yang sangat mirip dengan Doraemon, karakter yang diperkenalkan oleh Fujiko F. Fujio pada tahun 1969. Patung ini ditemukan oleh seorang turis di sebuah toko artefak yang menjual barang-barang antik dari Dinasti Qing (1644-1911). Penemuan ini menimbulkan kekaguman dan spekulasi mengenai kemungkinan adanya mesin waktu seperti yang digunakan oleh Doraemon. Turis tersebut memutuskan untuk memotret dan membagikan gambar patung tersebut di Twitter untuk mendapatkan pendapat dari teman-temannya.

Toko tersebut mengklaim bahwa patung itu adalah peninggalan asli dari Dinasti Qing, padahal Dinasti Qing sudah runtuh pada tahun 1911, jauh sebelum Doraemon diciptakan. 

Penemuan patung yang mirip dengan Doraemon dari Dinasti Qing tampaknya lebih merupakan kebetulan atau mungkin hasil dari kesalahpahaman atau penafsiran. Doraemon adalah karakter fiksi yang diciptakan pada tahun 1969, sementara Dinasti Qing berakhir pada 1911. Jika patung tersebut benar-benar dari masa Dinasti Qing, kemungkinan besar itu adalah figur yang kebetulan mirip dengan Doraemon, bukan representasi asli dari karakter tersebut.

Patung tersebut dibuat dari semen, sedangkan peninggalan Dinasti Qing umumnya dibuat dari clay yang dimasak atau terakota, kritik ini dapat mematahkan klaim bahwa patung tersebut berasal dari Dinasti Qing 

Penemuan patung dari semen dengan klaim berasal dari Dinasti Qing bisa menunjukkan adanya upaya untuk memalsukan atau menyesatkan oleh pemilik toko. Jika patung tersebut mengaku berasal dari masa lalu tetapi menggunakan material modern, ini bisa menjadi indikasi bahwa patung tersebut bukan dari periode yang diklaim.

(Damar Pratama Yuwanto/berbagai sumber)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.