RajaBackLink.com

Sejarah Shogunat Kamakura yang Berhasil Mengalahkan Bangsa Mongol

Samurai Jepang Menyerang kapal-kapal Mongol. (Foto: Unknown Artist Public Domain)


Zaman Kamakura (鎌倉時代, Kamakura jidai, 1185–1333) adalah salah satu pembagian periode dalam sejarah Jepang ketika pemerintahan militer (keshogunan) terletak di Sagami Kamakura, sehingga zaman ini dinamakan zaman Kamakura.

Ada perbedaan pendapat tentang tahun terbentuknya keshogunan Kamakura. Pendapat yang populer mengatakan zaman Kamakura dimulai tahun 1192 ketika Minamoto no Yoritomo ditunjuk sebagai Seitaishogun dan membentuk pemerintah Kamakura. Pendapat lain mengatakan zaman Kamakura dimulai tahun 1180 ketika Minamoto no Yoritomo menyerang klan Taira.

Zaman Kamakura (1185-1333) adalah periode penting dalam sejarah Jepang. Beberapa kejadian penting selama periode ini termasuk:

1. Pendiriannya Shogunat Kamakura (1185)

Yoritomo Minamoto, pemimpin klan Minamoto, mendirikan shogunat Kamakura setelah mengalahkan klan Taira dalam Perang Genpei. Ini menandai berakhirnya periode Heian dan dimulainya pemerintahan militer.

2. Perang Mongol (1274 dan 1281)

Jepang menghadapi dua invasi besar oleh Dinasti Yuan di bawah Kublai Khan. Meskipun serangan pertama dapat diatasi dengan kekuatan militer Jepang dan angin topan, serangan kedua juga gagal, sebagian berkat bencana alam yang dikenal sebagai "kamigaze" atau angin suci.

3. Kepemimpinan Hōjō

Klan Hōjō, yang mendominasi shogunat Kamakura, memegang kekuasaan sebagai shikken (regent) atau penguasa de facto. Mereka memainkan peran penting dalam administrasi dan pengaturan pemerintahan selama periode ini.

4. Konsolidasi Kekuasaan Feodal

 Sistem feodal semakin berkembang dengan penguatan kekuasaan para daimyo dan samurai. Struktur pemerintahan dan sistem tanah semakin menguat dan berkembang selama periode ini.

5. Kemunduran dan Kejatuhan Shogunat Kamakura (1333)

Shogunat Kamakura akhirnya runtuh setelah serangkaian pemberontakan dan ketidakpuasan, termasuk yang dipimpin oleh Ashikaga Takauji, yang mendirikan shogunat Ashikaga (atau shogunat Muromachi) yang menggantikan Kamakura.

Periode Kamakura merupakan masa transisi yang penting dari era kekaisaran klasik ke pemerintahan militer dan feodal Jepang.

 

(Damar Pratama Yuwanto/berbagai sumber)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.