RajaBackLink.com

8 Manga yang Masih Hiatus, Ada yang Terpaksa Dihentikan!

Manga/Anime Hunter X Hunter.

Manga yang mengalami hiatus seringkali menjadi sumber frustrasi bagi para penggemar yang menantikan kelanjutan ceritanya. Beberapa manga bahkan terpaksa dihentikan secara permanen karena berbagai alasan. 

Berikut sembilan manga yang masih dalam masa hiatus, dan beberapa di antaranya bahkan terpaksa dihentikan:

1. "Hunter x Hunter" oleh Yoshihiro Togashi:

Salah satu manga paling terkenal yang sering mengalami hiatus panjang. Penulisnya, Yoshihiro Togashi, seringkali menghentikan serial ini karena masalah kesehatan.

Hunter x Hunter menceritakan perjuangan Gon Freecss yang mencari ayahnya karena sudah lama menghilang.

Bersama teman-temannya, Killua, Leorio, dan Kurapika, mereka menjelajahi dunia Hunter, menghadapi tantangan dan musuh tangguh. Daya tarik utama dalam anime ini adalah dunia yang kompleks dan karakter yang mendalam. Togashi membangun alam semesta penuh karakter beragam, masyarakat kompleks, dan unsur supernatural.



2. "Berserk" oleh Kentaro Miura

Kentaro Miura, sang pengarang "Berserk", meninggal dunia pada Mei 2021, sehingga manga ini terhenti secara mendadak dan dinyatakan hiatus permanen.

Berlatar di dunia fantasi gelap yang terinspirasi dari Eropa abad pertengahan, seri ini berpusat pada karakter Guts, seorang pengguna pedang yang sendirian, dan Griffith, pemimpin dari sebuah kelompok tentara bayaran yang disebut sebagai "Kelompok Hawk". Seri ini mengikuti perjalanan Guts yang ingin membalaskan dendam kepada Griffith, yang telah berkhianat kepadanya dan mengubah teman-temannya menjadi makhluk iblis yang kuat. 

Miura memperkenalkan prototipe dari Berserk pada tahun 1988. Seri ini dimulai pada tahun berikutnya di majalah Monthly Animal House milik Hakusensha yang sekarang sudah ditutup, yang digantikan pada tahun 1992 oleh majalah semibulanan Young Animal, tempat dilanjutkannya publikasi Berserk. Setelah kematian Miura pada Mei 2021, bab terakhir yang telah ia tulis dan ilustrasikan dipublikasikan secara anumerta pada September di tahun yang sama; seri dilanjutkan pada Juni 2022,




3. D.Gray-man" oleh Katsura Hoshino:

Manga ini sering mengalami hiatus panjang karena masalah kesehatan sang pengarang, Katsura Hoshino.

Cerita ini mengambil latar Eropa (fiktif) abad ke-19 (tepatnya pada tahun 1891) di mana Exorcist dan Akuma eksis. Tugas Exorcist adalah membasmi Akuma yang diciptakan Earl of Milennium dari kesedihan umat manusia. 

Tokoh utama manga ini adalah pemuda berusia 15 tahun bernama Allen Walker yang sedang menuju Markas Besar Black Order di mana semua exorcist bekerja. Setelah masuk Black Order, Allen menjumpai banyak kawan dan lawan yang harus dihadapi, seperti Klan Noah dan juga Earl of Milennium.



4. "Vagabond" oleh Takehiko Inoue:

Takehiko Inoue, pengarang "Vagabond", telah menempatkan manga ini dalam hiatus panjang tanpa tanggal kembalinya yang pasti.

komik Jepang (manga) karya Takehiko Inoue yang didasarkan dari cerita novel Musashi karya Eiji Yoshikawa. Komik ini bercerita mengenai Miyamoto Musashi sebagai seorang petarung yang sangat berambisi untuk menjadi petarung nomor satu di dunia. Alur ceritanya tidak 100% persis sama dengan novel asli.



5. "Nana" oleh Ai Yazawa:

 Ai Yazawa, pengarang "Nana", menghentikan manga ini karena masalah kesehatan pada tahun 2009 dan tidak ada kepastian kapan akan dilanjutkan.

Nana adalah serial anime bergenre komedi drama yang dirilis pada 2006. Serial ini berpusat pada Nana Osaki dan Nana Komatsu, dua wanita yang pindah ke Tokyo pada usia 20 tahun, dengan cerita yang berfokus pada pencarian Nana O. untuk ketenaran dan pencarian Nana K. untuk romansa, sambil berjuang untuk mempertahankan persahabatan mereka.



6. "Bleach" oleh Tite Kubo:

Setelah serial anime selesai, manga "Bleach" tetap dalam masa hiatus tanpa ada kabar tentang kelanjutan ceritanya.

Bleach mengikuti petualangan Ichigo Kurosaki, seorang siswa SMA memiliki kemampuan untuk melihat hantu. Bagian awal dari cerita ini berfokus terutama kepada para karakter. Sebagaimana peristiwa terungkap, cerita dimulai untuk mempelajari lebih dalam dunia dewa kematian.


7. World Trigger" oleh Daisuke Ashihara:

"World Trigger" sering mengalami hiatus karena masalah kesehatan pengarangnya, Daisuke Ashihara, namun telah kembali beberapa kali. Daisuke Ashihara,  mengambil jeda pada edisi Februari 2024 lalu  majalah Jump SQ. milik Shueisha.

Suatu hari, sebuah gerbang ke dunia lain terbuka di Kota Mikado  dan monster bernama "Tetangga" mulai muncul dari sana. Umat ​​​​manusia berjuang untuk melawan para Tetangga, karena senjata mereka tidak efektif melawan mereka, hingga muncul sebuah organisasi misterius yang mampu menghalau serangan para Tetangga. 

Organisasi tersebut disebut Badan Pertahanan Nasional, atau "Perbatasan", dan telah menggunakan teknologi Neighbor "Pemicu", yang memungkinkan penggunanya menyalurkan energi internal yang disebut Trion dan menggunakannya sebagai senjata atau untuk tujuan lain. Saat Pemicu diaktifkan, tubuh pengguna digantikan dengan tubuh pertempuran yang terbuat dari Trion.

  



9. "Tokyo Ghoul:re" oleh Sui Ishida:



Meskipun sudah selesai, sekuel "Tokyo Ghoul:re" juga mengalami beberapa periode hiatus sepanjang seri berlangsung.

Ken Kaneki, yang hampir tidak dapat bertahan hidup setelah pertemuan mematikan dengan Rize Kamishiro, seorang wanita yang diturunkan menjadi ghoul, yaitu makhluk mirip manusia yang memburu dan memakan daging manusia, dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis. Setelah sembuh, Kaneki menemukan bahwa entah bagaimana ia menjalani operasi yang mengubahnya menjadi setengah ghoul, dan seperti mereka, harus mengkonsumsi daging manusia untuk bertahan hidup juga. 

Dengan tidak ada orang lain untuk berpaling, ia diambil oleh ghoul yang mengelola kedai kopi "Anteiku", orang pertama yang menemukannya oleh Yoshimura dan Touka Kirishima yang mengajarinya untuk menghadapi kehidupan barunya sebagai setengah manusia/setengah ghoul, 

Masa hiatus dalam dunia manga sering menjadi hal yang tidak terduga dan membuat para penggemar menunggu dengan sabar, sementara beberapa manga bahkan terpaksa dihentikan secara permanen karena berbagai alasan.

 

(Damar Pratama Yuwanto/berbagai sumber)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.