RajaBackLink.com

Deretan Selebritas Dunia yang Suarakan Dukungan Pro Palestina, Siapa Saja?

Bendera Palestina (foto; Pixabay)



Perang antara Israel dan Hamas, kelompok militan Palestina, masih terus berlangsung. Konflik antara dua negara yang bertetangga ini membuat banyak negara terbelah menjadi dua kubu, yakni kubu Pro Israel dan Pro Palestina. 

Tak cuma para pimpinan negara yang buka suara dan memberi dukungan, hal yang sama juga dilakukan para selebritas dunia. Beberapa dari mereka sejak dulu dikenal sudah lantang menyuarakan perdamaian di Gaza, Palestina, lewat akun sosial media mereka. 

Semuanya menginginkan pembebasan warga Palestina dari aksi penjajahan yang dilakukan oleh Israel selama bertahun-tahun. Mereka menegaskan bahwa semua orang berhak mendapat penghormatan dan kebebasan.

Siapa saja artis Hollywood tersebut? Simak daftar dikutip dari berbagai sumber

1. Mark Ruffalo

Mark Rufallo, aktor dan produser asal Amerika Serikat mendukung Palestina dengan mengajak Presiden Amerika Serikat, Joe Biden untuk mewujudkan perdamaian di Jalur Gaza, bukan mendukung salah satunya. Mark juga menyesalkan bahwa ada banyak orang tidak bersalah terbunuh.

“Saya menerima pesan hari ini dari @NathanThrall, jurnalis dan penulis “A Day In The Life of Abed Salama” yang sangat menyentuh hati saya. Saya ingin menyampaikan kata-katanya ketika kita semua menyaksikan dengan ngeri apa yang terjadi antara Pemerintah Israel dan Hamas saat ini,”

Pemeran Hulk ini menambahkan, “Sungguh mengerikan melihat warga sipil yang tidak bersalah terbunuh dan disandera, dan hal ini tidak dapat dibenarkan. Kami berdoa untuk keselamatan mereka, sebagaimana kami berdoa untuk keselamatan orang-orang tak berdosa di Gaza yang dibombardir dan dikepung,” cuitnya dalam akun @markruffalo, 8 Oktober 2023.


2. Lena Headey

Lena Headey, Bintang Game of Thrones juga menyampaikan dukungannya kepada Palestina. Dengan merepost unggahan akun Instagram @ckyorprivilege, Lena mengutuk keras segala bentuk kebencian, ia pun menyampaikan duka mendalam atas jatuhnya korban akibat kekerasan ekstrem yang terjadi. Menurutnya, setiap orang berhak mendapat rasa hormat dan kebebasan, termasuk warga Palestina.

“Kami mengutuk antisemitisme dan segala bentuk kebencian dan kami memberikan ruang bagi mereka yang berduka atas kehilangan akibat kekerasan ekstremis dan sekarang perang dan kami menentang penindasan yang dihadapi oleh warga Palestina. Setiap individu berhak mendapatkan rasa hormat, martabat, dan kebebasan,” isi tulisan yang dikutip Instagram Lena @iamlenaheadey pada 10 Oktober 2023.

“Banyak kebenaran bisa ada pada saat yang bersamaan. Di saat kita kesakitan, yang terbaik sering kali tidak dianggap cukup baik. Saya tidak sepenuhnya memahami konflik tersebut dan saya mendukung pembebasan semua orang yang tertindas,” demikian tulisan tersebut.


3. Will Poulter

Aktor pemeran Eustace Scrubb dalam film fantasi The Chronicles of Narnia: The Voyage of the Dawn Treader juga pernah menyampaikan dukungannya pada Palestina melalui akun Twitter atau X milikinya @poulterwill pada 2022 lalu.

Aktor asal Inggris ini mendorong pemerintah Inggris untuk mengutuk serangan Israel terhadap Palestina. “Pemerintah Inggris harus mengutuk kekerasan yang mengerikan dan penggusuran paksa terhadap warga Palestina yang tinggal di Sheikh Jarrah. Akankah pemerintah Inggris mengutuk serangan mengerikan ini, yang mengakibatkan kematian banyak warga sipil, termasuk anak-anak?,” cuitnya.


4. Gigi Hadid

Model kenamaan Gigi Hadid juga menyampaikan dukungannya pada Palestina, namun ia pun mengutuk keras aksi Hamas yang menyebabkan korban berjatuhan, baik dari pihak Palestina maupun Israel. Gigi pun menegaskan bahwa antiseitic atau gerakan pro-Palestina bukan ide yang baik.

“Pikiranku tertuju pada semua orang yang terkena dampak tragedi yang tidak dapat dibenarkan ini, dan setiap hari banyak nyawa tak berdosa yang menjadi korban konflik ini, banyak diantaranya adalah anak-anak. Saya memiliki empati dan patah hati yang mendalam terhadap perjuangan Palestina dan kehidupan di bawah pendudukan. Itu tanggung jawab yang saya pegang setiap hari,” tulis Gigi lewat akun Instagramnya @gigihadid pada 10 Oktober 2023.

“Saya juga merasa bertanggung jawab kepada teman saya yang Yahudi untuk menjelaskannya, seperti yang telah saya lakukan sebelumnya. Sementara saya berharap dan bermimpi untuk orang-orang Palestina, tidak ada satu pun dari mereka yang memasukkan kerugian,” cetusnya.


5. Bella Hadid

Model sekaligus adik Gigi Hadid, Bella Hadid menyuarakan kedamaian untuk Palestina lewat sejumlah foto yang diunggah ke media sosialnya. Dalam unggahan tersebut, Bella Hadid memamerkan aksinya membela Palestina dalam aksi yang menyerukan pembebasan Palestina di New York beberapa waktu lalu. Namun, tidak ada unggahan terbarunya terkait serangan Hamas.

“Cara hati saya merasa .. Berada di sekitar banyak orang Palestina yang cantik, cerdas, hormat, penuh kasih, baik dan murah hati ini di satu tempat ...,” tulis Bella Hadid dalam unggahan Instagramnya @bellahadid Minggu (16/5) tahun lalu.


6. Zayn Malik

Penyanyi sekaligus mantan member One Direction, Zayn Malik juga mendukung pembebasan Palestina dari penjajagan Israel. Hal ini disampaikannya melalui akun Twitternya atau X-nya @zaynmalik pada 2021 lalu.

“Saya mendukung rakyat Palestina dan mendukung perlawanan mereka terhadap penjajahan dan perlindungan hak asasi manusia mereka. Hati saya sakit untuk keluarga yang kehilangan orang yang dicintai. Kami tidak bisa berdiri sebagai saksi bisu untuk anak-anak yatim piatu dan dibunuh dan tidak menuntut hak asasi manusia semua orang Palestina! Ini harus diakhiri. Bebaskan Palestina,” tulis Zayn Malik.

Selama pemboman Israel di Gaza pada tahun 2014, penyanyi tersebut men-tweet hashtag "#FreePalestine" kepada jutaan pengikutnya, dan menerima banyak ejekan karena tweet tersebut.

Pada Mei 2021, Zayn memposting infografis mendetail di Instagram berjudul "Apa yang terjadi di Sheikh Jarrah". Dalam keterangannya, Zayn Malik mengatakan bahwa dia mendukung rakyat Palestina dan mendukung perlawanan mereka terhadap penjajahan.


7. Kehlani

Penyanyi dan musisi kelahiran Amerika Serikat, Kehlani juga memberikan dukungan untuk rakyat Palestina. Kehlani ikut menulis dukungan untuk kemerdekaan Palestina dalam akun Instagramnya.

“Saya hanya pernah menghapus postingan ketika seseorang yang dekat menunjukkan sesuatu yang mungkin tidak sejalan dengan apa yang mereka tahu maksud atau rasakan, bukan karena ada perubahan. Palestina merdeka sampai seterusnya,” tulis Kehlani pada story akun Instagramnya pada Kamis, 12 Oktober 2023.


8. DJ Khaled

Penyanyi sekaligus produser musik DJ Khaled mengunggah ulang foto yang berisi unggahannya terdahulu tentang dukungan untuk rakyat Palestina melalui akun Instagramnya @djkhaled. Dukungan ini disampaikannya pada Mei 2021 lalu.

“Saya mengunggah ulang pesan saya yang saya unggah 4 hari yang lalu, tolong untuk bayi dan anak-anak kita remaja dan keluarga,” tulis DJ Khaled.

“Kami membutuhkan Kedamaian dan cinta untuk rakyatku Palestina dan kami membutuhkan kedamaian dan cinta untuk semua orang, dan semua orang di seluruh dunia kami membutuhkan cinta dan perdamaian di seluruh dunia untuk semua orang CINTA ADALAH JAWABANNYA. Mengirimkan cinta dan cahaya serta doa untuk saudara-saudariku di Palestina,” tulis DJ Khaled dalam unggahan yang ia repost.


9. Mia Khalifa

Aktris mantan bintang film dewasa asal Lebanon, Mia Khalifa, juga menegaskan bahwa ia tidak pernah mendukung kolonialisme, termasuk tindakan Israel pada Palestina.

Di antara postingannya di X (dulu Twitter), Mia menulis, "Jika Anda dapat melihat situasi di Palestina dan tidak berpihak pada Palestina, maka Anda berada di pihak yang salah...."

“Aku mendukung semua orang melawan penindasan, sekarang dan selalu, lakukan penelitianmu sebelum memohon investasiku pada proyek kecilmu, aku dari LEBANON, apakah kamu gila karena mengharapkan aku berada di pihak kolonialisme, dasar orang aneh,” tulis Mia dengan menambahkan bendera Palestina di akun Twitternya @miakhalifa pada 9 Oktober 2023.

Karena tweet itu, Mia, yang berdarah Lebanon, mendapat banyak cercaan dan ujaran kebencian. Ia bahkan dipecat dari Playboy. Menurut laporan TMZ, Playboy mengirim email ke pelanggannya pada hari Senin dengan mengatakan, "Mia telah membuat komentar yang menjijikkan dan tercela karena merayakan serangan Hamas terhadap Israel dan pembunuhan terhadap pria, wanita dan anak-anak yang tidak bersalah."

Meski demikian, hal itu tidak membuat Mia berhenti bersuara. "Mendukung Palestina telah membuat saya kehilangan peluang bisnis, tapi saya lebih marah pada diri saya sendiri karena tidak memeriksa apakah saya berbisnis dengan Zionis atau tidak."


10. Selena Gomez

Penyanyi Amerika, Selena Gomez menggunakan akun Instagram-nya untuk menyerukan perdamaian dan meningkatkan kesadaran akan kampanye militer Israel tahun 2014 di Gaza, yang menyebabkan ratusan kematian warga sipil.

Dalam postingannya pada 19 Juli 2014, Gomez mengunggah foto bertuliskan: "Ini tentang kemanusiaan, berdoalah untuk Gaza."

Di samping foto tersebut, pelantun lagu Calm Down itu juga menuliskan caption yang menyerukan perubahan.

"Tolong doakan keluarga dan bayi tersebut hari ini. Harap selalu ingat apa yang penting dalam hidup. Ini bukan semua itu. Kami di sini untuk membantu, menginspirasi, dan mencintai. Jadilah perubahan itu," tulisnya.


11. Miriam Margolyes

Terkenal karena perannya dalam serial film Harry Potter, Miriam Margoyles blak-blakan mengenai masalah Israel-Palestina. Ia menyatakan dukungannya kepada Emma Watson setelah postingannya yang pro-Palestina di Instagram.

Dalam sebuah wawancara dengan Middle East Eye, Mirian mengatakan bahwa postingan Watson hebat dan luar biasa.

"Israel benar-benar berusaha menekan ekspresi dukungan terhadap Palestina karena mereka dapat merasakan, setidaknya saya merasakan, bahwa opini publik sedang berbalik menentang Israel mengenai masalah ini, dan mereka ingin menghentikannya," katanya.


12. Dua Lipa

Penyanyi dan penulis lagu Dua Lipa menyuarakan dukungannya untuk warga Palestina selama serangan Israel tahun 2021 terhadap Gaza.

Lipa membagikan sejumlah postingan tentang apa yang terjadi pada penduduk lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem yang dijajah.

Pelantun lagu One Kiss itu juga pernah mengecam iklan yang dipasang di New York Times, yang menampilkan foto dirinya bersama kakak beradik Gigi dan Bella Hadid, dengan tulisan: "Hamas menyerukan Holocaust kedua. HUKUM MEREKA SEKARANG."

Iklan tersebut dibayar oleh The World Values Network, sebuah organisasi yang didirikan dan dijalankan oleh Shmuley Boteach, seorang rabi sayap kanan Amerika yang kontroversial dan memiliki sejarah dalam memasang iklan yang menyerang terhadap tokoh-tokoh yang kritis terhadap Israel.

Penyanyi peraih Grammy itu menanggapinya dengan mengeluarkan pernyataan yang mengecam iklan tersebut.

"Saya sepenuhnya menolak tuduhan palsu dan mengerikan yang dipublikasikan hari ini di iklan New York Times yang dikeluarkan oleh World Values Network," demikian bunyi pernyataan itu.


13. Halsey 

Halsey tak ketinggalan membagikan unggahan-unggahan informatif tentang apa yang terjadi di Sheikh Jarrah. Musisi yang tengah mengandung ini memang dikenal aktif menyuarakan opininya, tetapi bisa dibilang ini kali pertama Halsey turut andil menyuarakan hak asasi untuk warga Palestina. 


14. Viola Davis

Dikenal sangat aktif menyuarakan gerakan keadilan rasial untuk warga kulit hitam dan Asia di Amerika, Viola Davis pun memilih ikut andil mengedukasi pengikutnya untuk membaca dan memahami apa yang terjadi di Palestina saat ini.

mengunggah ulang infografis milik akun @soyouwanttotalkabout dan menambahkan caption, "Mari berbicara tentang Sheikh Jarrah". Sontak, unggahannya diapresiasi banyak pengikut karena keberanian Davis bersuara di tengah dominasi public figure yang memilih diam atau netral. 


15. Zara Larsson 

Jika beberapa dipuji karena bersuara untuk Palestina, Zara Larsson justru dihujat sebagai anti-Semit karena pilihannya tersebut. Zara menuliskan sebuah kutipan sebagai berikut, "Kita harus melindungi rekan-rekan Yahudi di dunia yang mengalami kekerasan dan ancaman anti-Semit, tetapi kita juga perlu melawan sebuah negara yang memberlakukan apartheid dan membunuh warga sipil, dibiayai dolar Amerika Serikat. Tidak perlu meletakkan dua hal ini sebagai suatu hal yang bertentangan. Apa yang terjadi di Palestina sekarang adalah aib. Kejahatan. #BebaskanPalestina"., tulisnya di Instagram Stories.

 

16. Ali Suliman 

Sebagai aktor asal Palestina, bukan hal aneh bagi Ali Suliman untuk menyuarakan dukungan penuhnya pada saudara-saudara setanah airnya di sana. Ali membagikan banyak sumber lewat unggahannya di media sosial untuk membantu pengikutnya memahami apa sebenarnya yang terjadi di Palestina dan Israel selama ini. 


17. Hasan Minhaj 

Komedian India-Amerika ini cukup aktif menyuarakan isu-isu hak asasi manusia. Mulai dari Black Lives Matter dan Stop Asian Hate sudah ia lakoni. Ditambah Hasan aktif memberikan info terbaru tentang krisis COVID-19 yang sedang terjadi di India. Tak ketinggalan, ketegangan yang terjadi di Israel-Palestina pun masuk dalam radarnya. Ia turut menyertakan harapan bahwa generasi muda sekarang mau mendiskusikan isu tersebut ketimbang bersikap masa bodoh. 


18.  Rupi Kaur 

Penulis puisi Rupi Kaur yang dikenal lewat buku Milk and Honey juga memilih untuk tidak tinggal diam. Sudah punya jutaan pengikut di media sosial, ia tak ragu membagikan pandangannya pada isu Israel-Palestina. Selain mengunggah puisi-puisinya yang indah dan menginspirasi, Rupi sering menyelipkan bahasan-bahasan hak asasi manusia. Tak heran jika ia memilih ikut andil dalam solidaritas untuk Palestina. 


19. Simi Haze 

Tak hanya klan Hadid, klan Khadra yang terdiri dari DJ kembar Simi dan Haze serta kakak laki-laki mereka Fai juga turut aktif menyatakan dukungan untuk negara asal mereka. Ini bukan pertama kalinya mereka menunjukkan solidaritas pada rekan sesama komunitas Arab. Simi dan Haze dikenal sebagai musisi yang sering menggunakan platform mereka untuk mempromosikan karya sesama seniman dari Arab. 

Di tahun 2017 pun mereka mengunggah potret pemandangan Yerusalem yang disertai caption, "Aneh, Palestina adalah negara tempat orang Muslim, Nasrani, dan Yahudi hidup berdampingan selama berabad-abad, kini berjuang untuk diakui setelah Israel didirikan pada 1948, dan untuk memperkeruh keadaan kemarin Trump memutuskan untuk mengakui ibukota Palestina, Yerusalem sebagai ibukota Israel, seakan ia punya hak melakukannya."


20. The Weeknd

The Weeknd selama ini santer menyuarakan perdamaian di Afrika dan tentunya mendukung keadilan rasial di Amerika Serikat. Kini di tengah krisis Israel-Palestina yang kembali membara, ia memilih untuk ikut andil menentang penggusuran warga Palestina di Sheikh Jarrah. 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.