RajaBackLink.com

Spesifikasi dan Harga iPhone 15, iPhone Terbaru September 2023

 Gambar: iPhone 15.

Gambar: iPhone 15.

Peluncuran iPhone 15 akan diumumkan secara langsung oleh Apple pada 12 September 2023. Produk terbaru iPhone ini dibanderol dengan harga mulai 799 dollar AS atau sekitar Rp 12,2 juta.

Kehadiran iPhone 15 series tersebut akan rilis pada acara tahunan Apple Event. Nantinya iPhone 15 bakal meluncur bersamaan dengan para saudaranya, yakni iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Bocoran mengenai spesifikasi iPhone 15 series telah beredar luas di internet, selain informasi mengenai nama dan modelnya. Dari segi desain, bocoran yang ada mengindikasikan bahwa keluarga iPhone 15, termasuk versi "reguler" bakal mengadopsi desain bezel (bingkai) melengkung (curved), seperti yang dimiliki iPhone 11 Pro Max.

Berdasarkan bocoran yang ada, desain keluarga iPhone 15 termasuk versi "reguler" akan mengadopsi desain bezel (bingkai) melengkung (curved), mirip dengan iPhone 11 Pro Max. Meskipun begitu, iPhone 15 series tetap mempertahankan desain layar datar (flat), meskipun ada indikasi bahwa desain bezel (bingkai) akan melengkung. 

 

Versi "reguler" dari iPhone 15 dilengkapi dengan layar OLED 6,1 inci dengan refresh rate 60 Hz. Menariknya, iPhone 15 dan model lainnya dalam seri ini dikabarkan akan hadir dengan fitur yang disebut Dynamic Island, yaitu poni (notch) interaktif yang mampu menampilkan animasi untuk notifikasi dan aplikasi. Sebelumnya, fitur Dynamic Island hanya tersedia eksklusif pada iPhone 14 Pro dan Pro Max.

Ketiga model lain dalam seri iPhone 15 juga dilengkapi dengan kamera selfie beresolusi 12 MP.Adapun mengenai desain modul kamera pada bagian belakang ponsel, terdapat rumor bahwa Apple akan melakukan perombakan. Namun, perincian tentang perombakan tersebut belum dijelaskan secara rinci.

Ketiga model lain dalam seri iPhone 15 juga dilengkapi dengan kamera selfie beresolusi 12 MP. Adapun mengenai desain modul kamera pada bagian belakang ponsel, terdapat rumor bahwa Apple akan melakukan perombakan. Namun, perincian tentang perombakan tersebut belum dijelaskan secara rinci.

Di sektor fotografi, punggung iPhone 15 "reguler" memuat kamera 48 MP dengan ukuran sensor gambar 1/1,5 inci. Sensor ini lebih kecil daripada sensor 48 MP milik iPhone 14 Pro, tetapi lebih baik daripada sensor 12 MP punya iPhone 14. Kamera 48 MP ini kemudian ditemani oleh kamera ultra wide dengan resolusi 12 MP.

Punggung ponsel varian standar ini diklaim bakal mengadopsi desain kaca transparan "frosted glass" yang mirip seperti iPhone 14 Pro. Pilihan warna yang tersedia terbagi menjadi hijau, biru terang, dan pink.

Ponsel iPhone 15 versi "reguler" dikabarkan akan ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) A16 Bionic, yang sebelumnya digunakan pada iPhone 14 Pro dan Pro Max. Chipset A16 Bionic telah diuji melalui situs benchmark Geekbench 6, dengan hasil pengujian skor single-core sebesar 2.514 poin dan skor multi-core sebesar 6.361 poin.

Konon, iPhone 15 reguler akan dilengkapi dengan RAM LPDDR5 sebesar 6 GB dan penyimpanan internal minimum 128 GB. Untuk daya tahan baterai, iPhone 15 versi "reguler" diperkirakan akan memiliki baterai berkapasitas 3.877 mAh, dengan dukungan pengisian cepat (fast-charging) 20 Watt.

Keempat model dalam seri iPhone 15 disebut-sebut akan dilengkapi dengan port USB Type-C untuk pengisian daya dan transfer data. Jika bocoran ini benar, maka iPhone 15 series akan menjadi generasi pertama iPhone yang meninggalkan port Lightning.

Rumor juga menyebutkan bahwa kecepatan transfer data pada iPhone 15 "reguler" dan iPhone 15 Plus kemungkinan akan sama dengan generasi iPhone sebelumnya yang masih menggunakan port Lightning.

Setiap model iPhone 15 series diperkirakan meluncur bersamaan dengan sistem operasi (OS) iOS 17. Tidak diketahui apakah Apple akan memperkenalkan reverse charging nirkabel (wireless) untuk iPhone 15 series. Di sisi lain, iPhone 15 series diklaim akan mendukung pengisian daya wireless Qi2.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.