RajaBackLink.com

Dari Adipati Karna Hingga Pencak Silat Inilah Unsur yang Indonesia Banget di Anime

 Tangkapan Layar Anime Fate Series.

Tangkapan Layar Anime Fate Series.

Ternyata jika ditelusuri, selama ini lumayan banyak anime dan manga Jepang yang sering menyebutkan unsur Indonesia dalam alur ceritanya. Mulai dari pulau, makanan khas, kebudayaannya, dan endemik yang mendiami Indonesia.

Berikut anime-anime yang mengandung unsur-unsur Indonesia, dikutip dari berbagai sumber.

1. Ramayana: The Legend of Prince Rama

Secara umum wayang mengambil cerita dari naskah Mahabharata dan Ramayana, tetapi tak dibatasi hanya dengan pakem (standard) tersebut, ki dalang bisa juga memainkan lakon carangan (gubahan). Beberapa cerita diambil dari cerita Panji, maupun kisah Rohani dari agama Islam, Kristen, Hindu, Budha.

Ramayana: The Legend of Prince Rama adalah sebuah film fitur animasi tradisional Indo-Jepang 1992 yang disutradarai oleh Yugo Sako dan Ram Mohan, diproduksi oleh Sako dan Krishna Shah dan berdasarkan pada epik Pewayangan Ramayana.

Kisah fantastis Rama, seorang pangeran muda yang dibuang ke hutan oleh ibu tirinya. Dia berada di bawah perlindungan istrinya Sita dan saudaranya Lakshman. Ketika raja iblis yang kuat, Ravan, menculik Sita, Rama menangis dan sedih, tetapi dia tetap kuat dan berjuang. Dia harus melawan setan prajurit, mengendalikan kesedihannya dan berjuang sampai istrinya bebas.

2. Kemunculan Adipati Karna di Anime Fate Series

Fate Zero diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama karya Gen Urobuchi dan diilustrasikan oleh Takashi Takeuchi. Anime yang bergaya aksi dan fantasi ini mengisahkan tentang Holy Grail atau cawan suci yang mempunyai kekuatan supranatural untuk mengabulkan suatu permintaan.

Dalam Pewayangan Jawa Adipati Karna yang nama lengkapnya Basukarna, adalah putra Dewi Kunti/Dewi Prita Putri Prabu Basukunti, raja Negara Mandura, dengan Bathara Surya. Karna lahir diluar perkawinan yang syah akibat kesalahan Dewi Kunti membaca mantera Aji Pameling ajaran Resi Druwasa. Atas kesaktian Bathara Surya, bayi Karna dilahirkan melalui telinga, hingga Kunti tetap perawan. Bayi Karna kemudian dihanyutkan/dilarung ke dalam sungai Gangga dan ditemukan oleh Rada, sais/ kusir kereta kerajaan Astina.

Namun, tokoh wayang Adipati Karna ternyata juga diadaptasi anime Jepang.

Perang Cawan Suci sebentar lagi akan segera dimulai. Fraksi Merah dan Fraksi Hitam mulai mempersiapkan diri guna menghadapi turnamen tersebut. Tujuh Master dari kedua Fraksi tersebut telah memanggil para pahlawan kuno (Servant) untuk ikut serta dalam pertandingan itu.

Adipati Karna dan juri itu pun mulai memasang kuda-kuda untuk bertarung, tapi beberapa saat kemudian, muncullah seorang servant lain dari Fraksi HitamOrang itu adalah Servant kelas Saber bernama Sigfried dan Masternya Gord. Jeanne mulai mundur dari pertarungan sambil berkata bahwa dia adalah pihak netral dan tidak akan ikut campur dalam pertempuran antar Fraksi.

Tak lama setelah itu pertempuran antara Adipati Karna dan Sigfried pun dimulai. Pertarungan mereka sangat sengit, hingga semua bebatuan yang ada di sekitarnya hancur.

Sayangnya, pertarungan itu tak berjalan lama.Matahari mulai terbit dan Sigfried mulai mundur karena tahu Adipati Karna akan bertambah kuat jika terkena cahaya matahari.

3. Kemunculan Makanan Tempe di Anime Shokugoki no Shouma

Anime yang mengusung tema kuliner ini memunculkan adegan yang mengulas tentang hidangan khas tanah air. anime yang bertemakan masak memasak. Sesuai dengan temanya, salah satu makanan asli Indonesia juga pernah dibahas di sini, yaitu tempe.

Ada tempe yang biasanya kita makan dengan nasi, kali ini digunakan sebagai pelengkap pada ramen. Dalam episode tersebut juga dijelaskan bahwa tempe merupakan makanan tradisional Indonesia yang sudah ada sejak 400 tahun yang lalu. 

 

4. Kemunculan Karakter Indonesia di Anime

Kakushigoto merupakan anime slice of life yang berkisah tentang seorang ayah yang khawatir anak perempuannya mengetahui profesinya sebagai penggambar manga ecchi. Anime ini sempat viral pada masanya karena munculnya kehadiran Nadila yang merupakan TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dan bekerja sebagai asisten rumah tangga dari tokoh utama yaitu Kakushi Goto.

Lewat kisahnya yang simpel dan menarik tersebut, Kakushigoto pun berhasil viral ketika rilis pada 2020 lalu. Namun, keviralan ini bukan hanya karena kisah anime-nya saja, melainkan juga karena menampilkan karakter berdarah Indonesia.

Kakushigoto sempat bikin masyarakat Indonesia heboh karena menghadirkan karakter yang bernama Nadila. Apalagi, Nadila dikisahkan sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja sebagai asisten rumah tangga pada tempat tinggal sang ayah dan anak yang menjadi tokoh utama manga-nya.

Nadila yang di suarakan oleh Emiri Katou merupakan TKI yang kadang-kadang membersihkan rumah Goto. Dia mengajari Hime cara memasak masakan Indonesia. Dalam segmen yang lain, Satsuki salah menganggapnya sebagai dukun.

Anime yang rilis pada April 2020 dan membawa genre slice of life ini tidak boleh kamu lewatkan untuk ditonton.

5. Hetalia: World Stars

Hetalia merupakan anime yang menggambarkan berbagai negara sebagai karakter. Salah satu karakter yang membanggakan kita di sini adalah Indonesia. Karakter Indonesia digambarkan sangat bersahabat dan sering berkata “Mau pergi kemana?” sebagai awal percakapan dengan karakter lain.

Indonesia juga berpikir jika tempat yang gelap itu menyeramkan karena mungkin ada hantu yang akan muncul di situ. Sama seperti karakter negara ASEAN lainnya, Indonesia juga suka dengan makanan manis. Indonesia juga digambarkan sebagai karakter yang tenang dan berkata “tidak apa-apa” saat terjadi sesuatu yang tak terduga. Karakter ini baru terlihat di manga.

6. Kemunculan Pencak Silat di Anime Kenichi: The Mightiest Disciple

Raden Tidat Jihan merupakan karakter yang berasal dari anime Kenichi: The Mightiest Disciple. Anime ini pun mengisahkan Shirahama Kenichi, seorang anak sekolah yang kerap jadi korban perundungan. Namun, setelah bertemu cewek imut, Kenichi jadi termotivasi untuk belajar pada sebuah dojo dan menguasai berbagai jenis seni bela diri, termasuk pencak silat.

Nah, karakter yang dikisahkan sebagai ahli bela diri silat dalam anime ini adalah Raden Tidat Jihan yang berasal dari Kerajaan Tidat, sebuah wilayah yang berlokasi pada Indonesia. Peran Raden Tidat Jihan pun terbilang cukup besar dalam anime ini.

Sepanjang anime ini, kita juga bisa melihat Raden Tidat Jihan menggunakan berbagai teknik pencak silat yang menggunakan bahasa Indonesia. Salah satu teknik andalannya adalah ‘Serangan Harimau’ yang membuat Raden Tidat Jihan menyerang lawannya secara tiba-tiba dari persembunyiannya.

Itulah deretan karakter anime yang berasal dari Indonesia. Semoga informasinya bermanfaat.

(Damar Pratama Yuwanto)
 

 

 

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.