RajaBackLink.com

Mengapa Area Vagina Cenderung Gelap?

Vagina wanita (foto: pixabay).

Warna kulit di area vital wanita, vagina, biasanya tidak sewarna dengan bagian tubuh lain. Area itu terlihat lebih gelap.

Jika area vagina lebih gelap dari bagian tubuh lainnya, maka tidak perlu khawatir karena hal itu normal. Namun, ada saat-saat di mana seorang wanita mungkin perlu berbicara dengan ahli untuk memastikan semuanya baik-baik saja. Penyebab utama kekhawatiran adalah penggelapan asimetris atau penggelapan hanya satu area.

Selain itu, jika mengalami luka yang tidak sembuh-sembuh, atau area gelap yang tumbuh atau berdarah, maka itu perlu dikhawatirkan. Dokter kandungan harus memeriksa area itu. Dokter dapat menentukan apakah itu hanya warna kulit alami, atau apakah mungkin memerlukan pengujian lebih lanjut.

“Warna vulva dan vagina sangat berbeda dari bagian tubuh wanita lainnya,” kata ahli uroginekologi bersertifikat di The Kimble Center, David M Kimble, dikutip dari Romper, Minggu, 29 Mei 2022.

Kimble menjelaskan bahwa jumlah melanin dan kromofor lebih banyak di vulva, terutama tepi luar labia minora. Adanya melanin itu yang menciptakan warna lebih gelap untuk area vagina. Ini karena vagina tidak memiliki kondisi yang sama, misalnya dengan wajah.

Menurut Kimble, kondisi tingkat pergantian sel yang berkurang memungkinkan pigmentasi bertahan. Apakah kehamilan memengaruhi warna area vagina? Terkadang, warna vagina bisa menjadi lebih jenuh saat seorang wanita hamil. Kehamilan memiliki dampak langsung pada pigmentasi kulit vulva.

Sebagai analogi, melasma paling sering terjadi pada kehamilan karena fluktuasi hormonal, khususnya kadar estrogen yang sangat tinggi. Melasma diperkirakan hanya mempengaruhi kulit wajah, tapi reaksi serupa dapat terjadi di vulva.

“Kehamilan dapat menggelapkan kulit di area itu serta area lain di tubuh karena hormon kehamilan,” kata seorang OB-GYN (kebidanan dan ginekologi), Cynthia Flynn.

Selain itu, Flynn menjelaskan area vagina juga punya lebih banyak aliran darah selama kehamilan, dan mungkin lebih gelap. Sama seperti kehamilan dapat menyebabkan masuknya hormon dan peningkatan aliran darah, pascamelahirkan justru sebaliknya. Karena kadar hormon turun dan mengalami pendarahan selama sekitar enam minggu pascapersalinan, maka kemungkinan besar area vagina telah berubah warna lagi.

Karena tingkat estrogen yang rendah, maka hiperpigmentasi sebenarnya dapat membaik seiring waktu. Namun, jika masih melihat warna yang lebih gelap, maka ada alasan untuk itu juga. Trauma yang terjadi dengan persalinan dapat mengakibatkan cedera pada labia yang menyebabkan perubahan pigmentasi selama proses penyembuhan.

Ada beberapa tempat di mana bisa mendapatkan perawatan yang disebut pemutihan vagina, tetapi pertanyaannya sebenarnya adalah apakah aman? “Saya pasti tidak akan merekomendasikan pemutihan vagina,” kata Flynn.

Flynn menjelaskan kulit bisa mengalami luka bakar karena bahan kimia. Selain itu, prosesnya juga bisa membuang pH dan menyebabkan berbagai infeksi vagina. “Pemutihan vagina dapat menyebabkan iritasi dan peradangan kronis,” jelasnya.

(nnn)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.